Header AD

Belajar javascript dasar | Apa itu javascript?

 

Gambar Ilustrasi JavaScript

Apa Itu JavaScript ?


JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Google Chrome, Internet Explorer , Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT. JavaScript merupakan salah satu teknologi inti World Wide Web selain HTML dan CSS.


JavaScript sangat ringan, terinterpretasi, bahasa pemrogramman dengan first-class functions. JS merupakan prototype-based, multi-paradigm, bahasa scripting dinamis, medukung object-oriented, diperlukan, dan declarative styles.


Standar untuk JavaScript adalah ECMAScript. Juni 17, 2015, ECMA International mempublikasikan versi major keenam dari ECMAScript, yang secara ofisial disebut ECMAScript 2015, dan umumnya dikaitkan sebagai ECMAScript 6 atau ES6. Jangan keliru antara JavaScript dengan Bahasa pemrograman java. Keduanya «Java» dan «JavaScript» adalah merek dagang dan merek ini terdaftar oleh Oracle di U.S. dan negara lainnya.


Sejarah Singkat JavaScript


sejarah javascript, pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape di bawah nama Mocha, yang nantinya namanya diganti menjadi LiveScript, dan akhirnya menjadi JavaScript.
Navigator sebelumnya telah mendukung Java untuk lebih bisa dimanfaatkan para pemrogram yang non-Java. Maka dikembangkanlah bahasa pemrograman bernama LiveScript untuk mengakomodasi hal tersebut. Bahasa pemrograman inilah yang akhirnya berkembang dan diberi nama JavaScript, walaupun tidak ada hubungan bahasa antara Java dengan JavaScript.

2 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

ads

Post ADS 1

ads

Post ADS 1